September 13, 2023

Batam, Demontrasi Aman Bertukar Ganas

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
جزاكم الله خيراالجزاء

Pulau Batam.

Kota Batam merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar di Kepulauan Riau. Berdekatan dengan dua negara tetangga, Singapura dan Malaysia, Kota Batam memiliki lokasi yang sangat strategis.

Dimulai pada tahun 1970, Batam Yang dijadikan sebagai pusat pengembangan logistik dan operasi yang berperanan penting dalam mendukung industri minyak dan gas oleh Pertamina (bpbatam.go.id, n.d).
Selanjutnya, sesuai dengan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1973, Otoritas Pengembangan Industri Pulau Batam (Otorita Batam)—yang kini bernama Badan Pengusahaan Batam (BP Batam)—diberi tanggung jawab untuk membangun Batam.

Otoritas Batam kemudian diberi tanggung jawab untuk mengembangkan daerah industri Pulau Batam, memiliki kewenangan untuk peruntukkan dan pemakaian tanah dalam tujuan pembangunan Batam sebagai kawasan industri.
Saat awal pembangunan Pulau Batam dimulai, BP Batam bertanggung jawab atas pengolahan dan pembekalan air bersih di Batam.

Bermulanya rusuhan ini dikeranakan rasa tidak kepuasan hati diatas tindakan BP Batam selama ini, dengan banyak hal yang dilakukan BP Batam seolah-olah tidak menyebelahi mereka sebagai penduduk asal di Pulau itu.

Dan puncak dari semua itu adalah hal yang terbaru dilakukan BP Batam adalah pengambilan tanah-tanah penduduk disitu.

Atas rasa tidak puas hati penduduk dengan tawaran yang diberikan BP Batam kepada mereka. Mungkin juga bentuk pampasan tidak memadai dengan kerugian yang mereka terpaksa hadapi.

Akhirnya terjadilah demontrasi membantah tindakan yang BP batam yang sedang lakukan. Iaitu mengambil tanah penduduk disitu. Kita tidak tahulah pekara sebenarnya.. tentang pampasan tanah sebagainya, akan tetapi jika perundingan dibuat secara adil dan saksama, tentu tiada pekara buruk terjadi!

Dari demontrasi aman akhirnya bertukar menjadi ganas, semoga menjadi iktibar bagi kedua-dua belah pehak, jangan memandang remeh sesuatu pekara harus segera mencari jalan yang terbaik bagi keduanya.

Kita berharap keburukan yang berlaku tidak berpanjangan, kerana sangat merugikan penduduk tempatan itu juga. Penjaga keamanan yang hanya menurut perentah atasan yang menjadi mangsa keganasan.

Kita doakan semua yang terlibat dalam isu disana (Batam) mengambil pendekatan yang adil dan sempurna bagi kedua-dua belah pehak demi masadepan dan kemajuan Pulau Batam.

video dari media sosial

video dari media sosial

video dari media sosial








Terima kasih! Jumpa lagi


Baca Lagi Kesah Fidah!




catatan orang kampung

Coretan setiap hari
Weblog xaturen

Lagi Artikel-Artikel Lain Yang Mungkin Menarik

⬆ scroll keatas ⬆


No comments:

Post a Comment

errmm..
~ Yang merah itu saga, yang lorek itu kendi. Yang indah itu bahasa, yang baik itu budi. ~